Batik Itu Sulit, Batik Itu Menarik

Banner Batik Alana

Menatap langit nan cerah dihari yang damai. Terasa menggoda pikiran ketika aku melihat dua lelaki baduy mengenakan batik khas daerah dengan lomar dikepalanya. Batik yang bercorak biru dengan dasar hitam. Uniknya, tiap kali aku melihat orang baduy rangkas banten, mereka selalu menggunakan batik tersebut. Bukan tidak ada pakaian lain, tapi karena mereka menghargai batik sebagai budayanya.
Rasa ingin tahu itupun muncul. Aku berkunjung ke pusat pelatihan membatik. Mencoba menggali lebih banyak mengenai seni keindahan yang satu ini. Ada beberapa alat dan bahan sepeti malam, canting, kuas, nampan, pensil, gunting dan kain putih sebagai dasar. Menurut instruktur, “Buatlah pola sesuai dengan emosi, lingkungan, atau budaya di masing-masing daerah yang akan membuat batik kalian terlihat berbeda”. Pasti itu pula yang membuat batik baduy menjadi khas. Wah..! ternyata membuat pola sangat sulit, setidaknya untuk seniman amatir sepertiku. Kesulitan lain muncul pada tahap penggoresan malam menggunakan canting. Butuh ketelitian dan kesabaran yang ekstra agar tidak berceceran atau bertumpuk. It so..Difficult!. Setelah selesai, batik dicelupkan kedalam pewarna tekstil dan dijemur hingga kering.

Menurutku, inilah seni berbatik yang sangat menarik. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika negara lain dengan seenak udelnya mengkalim batik Indonesia sebagai miliknya. Sebagai bentuk apresiasi terhadap batik, muncul lah hari batik nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Oktober.
Corak batik saat ini lebih bebas, dengan desain yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan konsumen yang ingin berbelanja di butik batik maupun toko batik. Tersedia beragam batik, dari batik untuk balita hingga nenek tua, batik untuk kerja hingga bikini, semua tersedia. Apalagi, saat ini ditunjang oleh perkembangan teknologi, belanja batik online menjadi pilihan yang mudah dan menyenangkan. surya hilang yang berlampukan bintang, membawaku pada anggunnya gaun batik malam di pesta pernikahan kerabat. Gaun itu, aku pesan minggu lalu secara online di http://www.berbatik.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s